Minggu, 20 Januari 2013

TIPS MELATIH ANJING


Punya anjing bandel ? Kewalahan dengan anjing yang susah diatur ? Cobalah 10 tips ini!.
Manusia mempunyai bermacam-macam karakter. Tidak ada satu orang pun di dunia ini yang mempunyai sifat yang sama persis. Demikian pula dengan anjing, setiap anjing mempunyai karakter dan psikologi yang berbeda. Untuk melatih anjing Anda, kami mempunyai tips-tips yang dianjurkan oleh para pelatih anjing. Selamat mencoba!

8 Tips untuk membuat anjing Anda patuh:
  1. Ambilah hati anjing Anda dan bangunlah relasi yang baik. Cobalah berusaha untuk berkomunikasi dengan mereka. Anjing berbicara dengan kita dengan melalui energi,  bahasa tubuh, raut wajah, pergerakkan ekor dan kuping, postur tubuh dan suara. Saat Anda sudah menjalin hubungan yang baik dengan anjing Anda, maka Anda akan jauh lebih mudah untuk mengerti kebutuhan anjing Anda. Cobalah ajak “berbicara” anjing Anda.
  2. Gunakan intonasi yang lembut dan lebih tinggi bila Anda senang akan apa yang anjingAnda lakukan, dan gunakan intonasi yang rendah bila Anda tidak senang dengan apa yang anjing Anda lakukan. Lakukan semua ini dengan tegas, baik isyarat tangan maupun perintah.
  3. Lihat mood dan kondisi fisik anjing Anda sebelum Anda latih. Jangan memaksa anjing Anda untuk latihan jika Anjing Anda belum siap, apalagi sedang sakit. Jika dipaksakan, anjing Anda akan sering melakukan kesalahan, lalu Anda hukum, dan mental anjing Anda akan turun. Untuk membuat anjing Anda semangat lagi, membutuhkan waktu yang cukup lama.
  4. Latihlah anjing Anda secara konsisten. Jika Anda tidak suka akan apa yang dia lakukan, contohnya: naik ke atas kursi. Jangan biarkan anjing Anda sekalipun naik ke atas kursi. Jika sesekali boleh, sesekali tidak boleh, akan membuat anjing Anda bingung. Untuk anjing dapat mengerti apa yang kita mau harus “ya” atau “tidak”. Jangan kadang “ya”, kadang “tidak”.
  5. Buatlah latihan yang menyenangkan. Ajaklah anjing Anda bermain sambil berlatih. Lakukan 10 menit latihan, lalu istirahat 1-2 menit.Lanjutkan lagi dengan latihan 10 menit berikutnya. Ulangi latihan-latihan yang sudah dikuasai pada awal latihan. Selingilah dengan permainan-permainan seperti lempar bola.
  6. Janganlah main fisik. Dalam memberikan hukuman, janganlah memukul anjing Anda. Tapi lakukanlah “positive reinforcement”. Jika anjing Anda pintar berilah treat kesukaannya. Tapi jika anjing Anda tidak melakukan apa yang Anda mau, hukumlah dengan tidak memberikan treat tersebut. Bukan dengan pukulan. Hadiah bisa berupa: treat kesukaannya, pujian, dan elusan. Anjing sangat suka dengan perhatian, sehingga perhatian bisa menjadi hadiah bagi mereka.
  7. Kesabaran Anda adalah kunci keberhasilan melatih anjing.
  8. Ada mitos bahwa muka anjing menyerupai muka pemiliknya.  Yang sebetulnya, anjing mempunyai perasaan yang kuat . Jika Anda bersikap tenang maka anjing Anda akan meniru sikap tenang Anda. Jika Anda sedang cemas, anjing Anda dapat merasakan kecemasan Anda. 

 SUMBER: http://www.jendela-alam.com/10-tips-melatih-anjing.html 

Tidak ada komentar: