Kamis, 24 Januari 2013

Kasus John Terry Masuk Ranah Hukum

Kasus rasis dalam dunia sepakbola Inggris masih menjadi topik yang sangat hangat. Jika sebelumnya FA resmi menjatuhkan hukuman berat terhadap pemain Liverpool Luis Suarez, kini giliran kasus John Terry yang menjadi sorotan. Lalu bagaimana kapten Chelsea itu menghadapinya?


Seperti yang telah diketahui, kasus rasis yang menimpa Terry terjadi saat timnya Chelsea menghadapi QPR. Dalam pertandingan yang berjalan cukup panas itu, sang kapten dituduh melakukan tindakan rasis terhadap bek QPR Anton Ferdinand.

Pihak FA pun langsung melakukan penyelidikan. Namun belum selesai proses penyelidikan yang dilakukan badan federasi sepakbola Inggris itu, masalah tersebut semakin melebar karena telah memasuki ranah hukum, dimana pihak kepolisian telah mengajukan surat panggilan terhadap Terry terkait pelanggaran undang-undang Crime and Disorder Act 1998 mengenai rasisme. Pemanggilan ini sendiri dilakukan polisi setelah pihaknya menerima banyak keluhan dari publik.

Fakta ini jelas semakin memperburuk citra Terry yang sebelumnya jatuh akibat kasus perselingkuhan. Bahkan ada kemungkinan ban kapten timnas yang sempat dipengangnya, kembali berpindah tangan.

Tekanan terhadap Terry bertambah setelah pada Rabu kemarin (21/12), salah satu sponsor yang memakai jasa Terry, Umbro, menghapus gambarnya dari situs mereka.

Menanggapi hal ini, Terry mengaku kecewa karena merasa tidak bersalah.

"Saya sangat kecewa dengan tuntutan (kepolisian) itu dan saya berharap diberikan kesempatan untuk membersihkan nama saya secepat mungkin," ujar Terry seperti yang dilansir Telegraph, Kamis (22/12).

"Saya tidak pernah berniat mengucapkan kata rasis terhadap siapapun dan menghitung orang dari menurut ras dan kepercayaan diantara teman-teman saya. Saya akan berjuang sekeras tenaga untuk membuktikan saya tidak bersalah," tegasnya.

Sementara itu, dukungan yang sama juga diberikan oleh pelatih Chelsea Andre Villas Boas. Bahkan dia tetap menjamin poisi Terry di lini belakang Chelsea untuk pertandingan selanjutnya.

"Saya tidak ragu dengan integritasnya sebagai pribadi. Dia telah menjadi representasi klub ini sejak lama, sejak awal, dengan kesuksesan besar. Dia mendapatkan dukungan penuh dari saya. Berikut dengan klub yang mendukung dia," ujar Villas Boas. 
 
 
 
Sumber : http://www.memobee.com/index.php?do=c.news&idn=5215

Tidak ada komentar: