Kamis, 24 Januari 2013

UNAIDS: Penyebaran Virus HIV Menurun

Virus HIV masih menjadi momok yang menakutkan nomer 1 bagi seluruh negara. Ratusan hingga ribuan nyawa telah melayang sejak kemunculannya. 

Namun laporan terbaru dari badan PBB yang membidangi masalah HIV (UNAIDS) memberikan kabar yang cukup menggembirakan. Menurut catatan statistik mereka, jumlah orang yang terinfeksi virus HIV dan orang yang meninggal karenanya cenderung menurun. 

Dengan begitu, mereka memberikan kesimpulan bahwa ada tanda-tanda jika jumlah epidemik penderita menurun. 

Tahun lalu, mereka melaporkan hanya ada 2.6 juta orang baru yang terinfeksi virus HIV. Jumlah ini menurun sebanyak 20% semenjak penyebaran puncaknya pada tahun 1999. 

Sementara itu, jumlah orang yang meninggal karena virus HIV di tahun 2009 mencapai 1.8 juta orang. Menurun dari jumlah 2.1 juta orang di tahun 2004. 

Dari segi daerah, Benua Afrika masih menjadi benua yang paling banyak penyebarannya. Dalam laporan mereka, ada sekitar 70% kasus orang baru yang terinfeksi. Negara di benua Afrika yang tingkat infeksinya menurun ada di negara Afrika Selatan, Zambia, Zimbabwe dan Etopia. 

Namun dibalik penurunan itu, Pihak PBB menggungkapkan bahwa diskriminasi dan stigma buruk tentang para penderita Aids masih terus berlangsung.
 
 
 
Sumber : http://www.memobee.com/index.php?do=c.news&idn=661

Tidak ada komentar: