Kamis, 24 Januari 2013

WWF Indonesia Temukan 5 Spesies Kucing Langka di Riau


Organisasi Satwa Dunia, WWF baru saja menemukan 5 spesies kuning unik yang hidup di kawasan propinsi Riau dalam riset yang mereka adakan.
Berdasar berita yang dilansir oleh Antara (23/11), Kordinator Tim Riset Harimau WWF Indonesia, Karmila Parakkasi mengatakan bahwa 5 spesies tersebut adalah Harimau Sumatera (Panthera Trigis Suamtrae), Macan Dahan (Neofilis Diardi), Kucing Batu ( Pardofelis Marmorata), Kucing Congkok (Prionailurus) dan Kucing Emas ( Catopuma Temmincki).

Spesies langka ini berada di dalam kawasan Taman Nasional Bukit Tigapuluh dan Suaka Margasawta Rimbang Baling, Riau. Keberadaan 5 spesies ini berhasil di temukan dengan bantuan kamera pengawas yang di pasang di sekitar kawasan tersebut.

Karmila juga menjelaskan bahwa dalam kriteria konservasi "International Union for Concervation of Nature (IUCN)", keempat jenis kucing liar, selain Kucing congkok, masuk dalam kategori hewan terancam punah hingga sangat terancam punah. Lanjutnya "Temuan ini juga menunjukkan pentingnya upaya serius untuk segera melindungi kawasan tersebut dari ancaman perambahan dan penebangan hutan alam dalam skala besar".

Selama 3 bulan melakukan survei sistematik dengan kamera pemantau otomatis di tahun 2011, WWF Indonesia telah berhasil menemukan total 404 foto kucing liar yang terdiri dari 226 foto Harimau Sumatera, 77 Macan Dahan, 70 foto Kucing Emas, 4 foto Kucing Batu dan 27 foto Kucing Congkok di kawasan Taman Nasional Bukit Tigapuluh dan Suaka Margasatwa Rimbang Baling, propinsi Riau. 
 
 
 
Sumber : http://www.memobee.com/index.php?do=c.news&idn=4868 

Tidak ada komentar: