Kamis, 24 Januari 2013

Vaksin Polio Baru Lebih Efektif Melawan Virus

Sebuah vaksin Polio terbaru berhasil mengurangi kasus penyakit Polio lebih dari 90%. Para ilmuwan yang terlibat dalam uji vaksin ini percaya jika seluruh penyakit Polio dapat di hilangkan secara keseluruhan. 
 
 
Kampanye penggunaan vaksin baru ini dirasakan lebih efektif memberantas virus penyebab Polio dan telah berhasil menurunkan jumlah kasus yang terjadi di beberapa negara tempat berkembang biaknya virus Polio, seperti Afghanistan, India dan Nigeria. Data menunjukan, dari jumlah awal sebanyak 350.000 menurun hingga hanya mencapai 1.606 pada tahun 2009 lalu. 

Studi ini sendiri telah diterbitkan secara online dalam jurnal The Lancet. DR. Roland Sutter, yang menjadi pimpinan studi sekaligus pejabat badan kesehatan PBB (WHO) mengatakan bahwa dengan vaksin baru ini, mereka optimis dapat menghapus seluruh virus Polio yang ada. 

"Penurunan jumlah kasus polio secara drastis di India dan Nigeria merupakan sebuah keberhasilan dalam penggunaan vaksin baru" tambah Dr. Sutter. 

Mengomentari hasil studi ini, Nigel Crawforf dan Jim Buttery dari Institut Penelitian Anak Murdoch (SAEFVIC) di Melbourne, Australia, mengungkapkan bahwa vaksin baru ini benar-benar sangat menjanjikan. 

Akan tetapi, mereka juga menyadari krisis finansial global akan berpengaruh terhadap berkurangnya pendanaan untuk program imunisasi diseluruh dunia, termasuk didalamnya imunisasi Polio.
 
 
 
Sumber : http://www.memobee.com/index.php?do=c.news&idn=283

Tidak ada komentar: