Selasa, 22 Januari 2013

Trik Pintar Jadi Public Speaker


Mampu berbicara di depan itu suatu waktu sangat lah penting, bukan hanya untuk para pebisnis dan pengusaha saja. Tapi penting untuk seluruh kalangan. Mengapa? Karena dengan pandai berbicara di depan orang banyak, maka rasa percaya diri Anda pun semakin meningkat. Namun, berbicara di depan publik bukan lah perkara yang gampang, sering untuk kebanyakan orang akan langsung merasa gugup. Sehingga tidak sanggup bahkan langsung nge-blank saat di depan. Untuk itu kita harus menguasai beberapa trik berikut agar bisa menjadi Public Speaking yang baik.
 


Perbanyak Latihan Presentasi

Dengan melakukan presentasi sangatlah penting, karena jelas akan melatih Anda untuk berani berbicara di depan orang banyak. Presentasi juga telah di ajarkan dari tingkat SD, Tinggal kita menggali potensi yang Anda miliki saja sekarang. Saat presentasi berlangsung, kemampuan bicara menjadi perhatian utama. Karena, dalam presentasi, kesiapan materi hanya memegang 20% faktor kesuksesan, yang 80% adalah kemampuan public speaking. Untuk itu berlatihlah sesering mungkin, karena pepatah mengatakan “Ala bisa karena biasa.”
Atur Nada Suara

Nada suara jua sangat krusial. Anda sendiri maembedakan mana suara yang lebih enak di di dengar saat orang lain sedang berbicara. Fackor satu ini juga mempengaruhi perhatian para pendengar loh! Namun, jangan bersedih hati bagi anda yang memiliki suara yang cempreng. Mulai sekarang anda bisa berlatih berbicara dengan suara diagfarma.
Walking The Talk

Hmm… jika anda berbicara dalam bidang yang anda tidak kuasai, ini adalah hal fatal bagi anda! Terlebih lagi anda berbicara di depan orang-orang yang jauh lebih paham dari pada Anda. Sebelum berbicara, kuasai dulu materinya. Akan sangat terlihat memalukan bukan? jika anda mengatakan hal yang tidak benar? Cara termudah adalah berbicaralah dengan bahan yang telah anda kuasai. Lebih baik lagi jika anda telah mengalaminya secara langsung. Sangat tidak di sarankan bagi Anda membahas sesuatu yang Anda sendiri belum tahu kebenarannya. Karena bukan pamor baik yang Anda dapatkan, malah akan menjatuhkan kredibilitas anda di mata para pendengar.
Sisi Pandang Pendengar

Sebelum menjadi seorang Public Speaking, Anda harus mempelajari terlebih dahulu seluk-beluk hal yang harus anda bahas nantinya. Dan jangan berbicara menurut pemikiran dari sisi anda. Sebaiknya berfikir jugalah dari sudut pandang para pendengar. Hal tersebut akan membuat Anda semakin berbaur kepada para pendengar.
Tekan Rasa Grogi

Detik-detik sebelum acara di mulai, anda terserang rasa grogi akut? Sampai sampai ingin mati rasanya? Terlebih lagi jantung anda tak henti-hentinya berdebar dengan kencang. Ikuti solusi singkat ini! Ambilah nafas dalam-dalam dan hembuskan perlahan-lahan. Lakukanlah beberapa kali. And just do your best!


Intip Penampilan Anda

Lagi lagi penampilan adalah kunci yang penting. Dari sanalah kepribadian pertama anda akan dinilai oleh para pendengar. Berpenampilan lah dengan sebaik mungkin, namun jangan berlebihan. Bukan hanya dari pakaian yang sedang anda kenakan, tapi juga dilihat dari cara berjalan anda, gerak gerik, hingga cara anda bertutur kata.
Perdalam Pengetahuan Anda

Update terus pengetahuan anda, bukan hanya bidang yang anda kuasai saja, tapi sebaiknya seluruh bidang. Dengan begitu wawasan anda pun semakin luas. Dan bias menjadi bahan pembicaraan bagus untuk di kaitkan dalam bahan bicara anda. Sstt, asal tahu saja, pembicara dengan wawasan yang luas akan mendapat poin tambah di mata pendengar loh!

Sumber : http://uniqpost.com/33959/trik-pintar-jadi-public-speaker/

Tidak ada komentar: