Kamis, 24 Januari 2013

Ratusan Spesies Jenis Baru Ditemukan

Penggerak konservasi menemukan banyak makhluk baru dan menarik di Asia Tenggara, termasuk tokek dan monyet yang terlihat seperti memiliki gaya rambut Elvis Presley.


Seperti dilansir dari Time, Huffington Post melaporkan bahwa WWF menemukan total sekitar 208 makhluk, dari berbagai daerah yang dialiri oleh sungai Mekong yang memiliki keanekaragaman hayati namun memiliki ancaman punah akibat kehilangan habitat aslinya, rusaknya hutan, perubahan iklim dan banyaknya pembangunan moder. China, Myanmar, Laos, Thailand, Kamboja dan Vietnam adalah negara-negara yang dilewati oleh Sungai Mekong.

Salah satu penemuan yang baru adalah, monyet tanpa hidung yang bergantungan dari pohon ke pohon di propinsi terpencil Timur Laut Myanmar. "Ketika spesies ini memamerkan gaya rambutnya yang seperti Elvis Presley, yang merupakan hal baru bagi para peneliti, masyarakat lokal telah sangat terbiasa dengannya" jelas grup peneliti yang berasal dari Switzerland. Gambar Monyet rambut Elvis ini terlihat pada foto depan artikel.

Daerah terpencil Mekong, yang merupakan bagian dari Segitiga Emas yang terkenal sebagai jalur perdagangan narkoba dan merupakan rumah dari beberapa speies hewan paling berbahaya seperti harimau, gajah Asia, Lumba-lumba Mekong dan ikan lele raksasa Mekong, menurut WWF. Organisasi dunia tersebut pada bulan Oktober lalu juga yang mengumumkan bahwa Badak Jawa yang tersisa di Vietnam telah punah dan 40 ekor dari 60 ekor yang tersisa saat ini hanya dapat di temukan di Indonesia saja.

Tokek Berwarna Liar, salah satu penemuan spesies baru


"Ini adalah daerah yang luar biasa kaya dalam hal keanekaragaman hayati namun juga luar biasa rapuh" ujar Sarah Bladen, Direktur Komunikasi WWF Greater Mekong. "Saat ini sudah keanekaragaman hayati disana (Mekong) sudah berada pada tahap yang tragis."



Sumber : http://www.memobee.com/index.php?do=c.news&idn=5108

Tidak ada komentar: