Kamis, 24 Januari 2013

Penundaan Pemindahan Gajah India Ke Habitat lain

Pihak yang berwenang di India, menunda pemindahan gajah liar di daerah selatan wilayah Karnataka. Penundaan pemindahan hewan bercula ini dilakukan menyusul perintah pengadilan kepada pemerintah untuk mencari masukan dari para ahli hewan di India dan Afrika sebelum memindahkan sekitar 30 gajah liar yang ada di 2 wilayah.


Keputusan pengadialn di dasarkan oleh banyaknya petani yang telah melakukan protes kepada pemerintah menyusul kematian 2 orang warga setelah di serang oleh gajah. Pengadilan lalu memutuskan bahwa hewan besar tersebut harus hidup di habitat asli mereka dan manusia harus belajar untuk beradaptasi dengan hal tersebut.

Pemerintah telah menyiapkan rencana pemindahan 25 hingga 30 gajah dari daerah Hassan dan Kodagu, yang terletak sekitar 225 km dari pusat kota Banglore.

Petugas kehutanan telah mempersiapkan rencana untuk menangkap para gajah dan memindahkan mereka ke hutan Bandipur-Nagarhole.

Kelompok pelindung hewan liar menentang rencana pemerintah untuk memindahkan hewan-hewan yang paling banyak di cari gadingnya ini, karena menurut mereka memindahkan habitat gajah-gajah ini bukanlah keputusan yang terbaik dalam menyelesaikan konflik yang terjadi antara manusia dengan gajah.

"Gajah adalah hewan yang sangat sensitif dan mereka tidak dapat dipindahkan dari tempat asal mereka. Mereka akan merasa tersesat apabila di pindahkan ke area lain" ujar mantan pegawai kehutanan, Yelappa Reddy.

Salah satu alasan utama mengapa gajah-gajah keluar dari habitannya dan mulai menyerang warga adalah berkurangnya wilayah hutan di India. Hutan di India mulai berkurang wilayahnay disebabkan ada banyaknya penebangan liar dan penggunaan kayu bakar oleh masyarakat, hal inilah yang memaksa para hewan untuk keluar dari habitat mereka. 
 
 
 
Sumber : http://www.memobee.com/index.php?do=c.news&idn=4834

Tidak ada komentar: