Kamis, 24 Januari 2013

Penemuan Kembali Monyet Punah di Indonesia

Ilmuwan berhasil menemukan kembali spesies monyet yang sebelumnya dianggap punah saat melakukan penelitian di hutan hujan tropis di Indonesia.

Monyet Langur Abu-abu atau yang dikenal dengan spesies Presbytis hosei canicrus emiliki ciri-ciri wajah hitam dengan bulu halus berwarna abu-abu di bagian leher.

Penemuan itu didapatkan Juni 2011 silam di hutan Wehea, bagian timur Kalimantan saat tim peneliti memasang kamera jebakan yang sebenarnya difungsikan untuk menangkap gambar orang hutam, leopard atau binatnag lainnya.

"Penemuan P.h canicrus merupakan hal yang mengejutkan karena hutan Wehea terletak di luar jangkauan area yang dikenal oleh monyet tersebut," ujar kepala Tim peneliti dari Simon Fraser University Kanada, Brian Loken.

Menurut Loken, para ilmuwan sebelumnya mengklaim spesies monyet tersebut kemungkinan telah punah di tahun 2004. Fakta tersebut diperkuat dengan pencarian tahun 2008 yang mendapatkan hasil nihil.

Aktivitas pembakaran hutan, konversi lahan dan pertambangan diduga menjadi penyebab jenis ini semakin sulit ditemukan.

Saat ini Loken dan tim mengaku semakin terpacu untuk mengetahui lebih lanjut, apalagi mereka tidak mempunyai foto lain selain gambar yang mereka dapatkan serta sketsa dari museum.

"Ini menjadi tantangan untuk mencari kebenaran penemuan kami karena sedikitnya foto yang ada untuk dijadikan studi," lanjut Loken.

Selanjutnya, Loken dan kawan-kawan akan melanjutkan penelitian mereka tentang seberapa banyak jumlah Langur Abu-abu yang hidup di dalam hutan hujan seluas 38.000 hektar tersebut.

"Walau penemuan kami membuktikan jika monyet tersebut masih ada di Kalimantan Timur, tentu saja masih ada kemungkinan jika mereka masih menjadi salah satu spesies primata yang terancam punah," pungkas Loken. 
 
 
 
 Sumber : http://www.memobee.com/index.php?do=c.news&idn=5559

Tidak ada komentar: