Kamis, 24 Januari 2013

Khawatir Didahului Malaysia, Indonesia Segera Patenkan Ikan Arwana

Adanya kemungkinan rencana pemerintah Malaysia yang ingin mempatenkan ikan arwana mulai ditanggapi dengan serius oleh pemerintah Indonesia.

Melalui Menteri Kehutanannya, Zulkifli Hasan, pemerintah kini berinisiatif mempatenkan salah satu sumberdaya alam hayati itu sebagai ikan asli Indonesia di dunia Internasional.

Saat ini, Zulkifli Hasan telah membuat tim yang akan melakukan pembuktian bahwa ikan tersebut merupakan asli dari Indonesia sebelum akhirnya diajukan ke Organisasi Karya Intelektual Dunia (WIPO).

Tim tersebut terdiri dari kementrian kehutanan, LIPI, Kementrian Hukum dan HAM serta beberapa perguruan tinggi.

Adapun langkah ini dilakukan setelah adanya permintaan dari para penangkar ikan Arwanan di Kalimantan Barat karena mereka khawatir ikan tersebut akan dipatenkan oleh Malaysia. Apalagi Malaysia kini sedang gencar-gencarnya mengembangbiakkan arwana super red yang merupakan produk asli Kalimantan Barat.

Di Indonesia sendiri ada berbagai jenis arwana yang meliputi jenis sclerofages Jormo-sus, yakni arwana golden red, arwana super red dan arwana hijau. Selain itu, ada juga jenis sclerofages atau yang juga dikenal dengan arwana Irian. 
 
 
 
Sumber : http://www.memobee.com/index.php?do=c.news&idn=4426

Tidak ada komentar: