Kamis, 24 Januari 2013

Ada Ikan Bunglon Dari Indonesia

Jika sebelumnya ilmuwan menemukan gurita yang bisa merubah warna tubuhnya menyerupai ikan atau ular laut, kini sebaliknya, mereka berhasil menemukan ikan yang bisa menyamarkan tubuhnya sama dengan gurita, alias ikan bunglon.

Spesies baru tersebut merupakan hasil temuan dari para ilmuwan di University of Gottingen, Jerman, di perairan Indonesia.

Seperti  yang dilansir oleg BBC, ikan yang termasuk dalam keluarga 'jawfish' itu pertama kali dilihat oleh seorang fotografer bernama Godehard Kopp. Terpesona dengan keunikan yang didapat, Godehar langsung mengirimkan hasil fotonya ke Akademi Sains California untuk dilakukan identifikasi.

Ilmuwan mengatakan bahwa temuan yang telah dipublikasikan dalam Journar Coral Reefs itu menjadi bukti pertama adanya hubungan yang tidak lazim antara seekor ikan dan gurita.

Ikan Jawfish sendiri digambarkan sebagai spesies ikan yang lebih sering ditemukan di wilayah berpasir di bawah laut.

"Ini adalah kasus yang unik di dalam terumbu karang. Tidak hanya karena model ikan Jawfish yang meniru, tapi juga menjadi kasus pertama dari seekor ikan jawfish yang terlibat dalam proses penyamaran," ujar Dr. Luis Rocha, asisten kurator di Ichthyology, Akademi Sains California, San Francisco.

Para peneliti berkesimpulan bahwa ikan tersebut merupakan oprtunis yang menyaru menggunakan gurita sebagai bagian dari perlindungan dirinya saat menjadi santapan ikan lainnya," lanjutnya. 
 
 
 
Sumber : http://www.memobee.com/index.php?do=c.news&idn=5404

Tidak ada komentar: