Senin, 21 Januari 2013

Waspadai Kesehatan anda!!




TANYA:
Dok, saya mau tanya, apa saja ciri-ciri awal orang yang mengidap penyakit jantung? Apakah nyeri di dada, seperti tertusuk, merupakan tanda-tanda kalau kita punya penyakit jantung? Belakangan saya sering merasakan sakit di dada, terlebih kalau saya keletihan bekerja, istirahat kurang, juga pada saat cuaca dingin. Saya mohon bantuan penjelasannya. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.
JAWAB:
Untuk Bapak Hendra yang peduli kesehatan, ciri-ciri awal orang yang mengidap penyakit jantung sangatlah bervariasi, tergantung dari penyakit jantung apa yang dialami. Memang benar, nyeri dada, seperti tertusuk, bisa saja merupakan ciri penyakit jantung jika yang Anda m
aksudkan adalah serangan jantung koroner akut.
Namun, tidak di semua tempat di area dada dapat dianggap sebagai serangan jantung akut. Tentunya ada tempat tertentu dan sering kali tidak hanya rasa seperti tertusuk. Bisa juga gejalanya disertai dengan rasa yang menjalar ke lengan, punggung, disertai keringat dingin, rasa berdebar-debar seperti tertekan benda berat, dan beberapa gejala lainnya.
Pada penyakit jantung yang disebabkan gagal jantung tentu cirinya berbeda, bahkan bisa jadi tidak ada nyeri dada sama sekali dan dapat didominasi oleh rasa sesak napas, tidur tidak bisa telentang, kaki bengkak, tidak kuat berjalan jauh, dan masih banyak lagi.
Selain itu, juga masih banyak penyakit lain yang bisa saja bukan disebabkan gangguan jantung, melainkan memberikan gejala menyerupai penyakit jantung. Oleh sebab itu, apa yang Anda rasakan belum tentu disebabkan oleh gangguan jantung. Kemungkinan organ lainnya juga tak boleh dilupakan. Nyeri otot dada pun dapat menyebabkan gejala seperti itu.
Untuk mengetahui penyebab pasti, tentu harus ada evaluasi terlebih dahulu sebelum bisa mengatakan Anda memiliki kelainan jantung. Saran saya, temui dokter yang Anda percaya karena sebaiknya pemeriksaan kondisi Anda dilakukan menyeluruh.

Sumber : http://health.kompas.com/read/2011/05/17/09545971/Ciri-ciri.Awal.Sakit.Jantung 


Tidak ada komentar: