Kamis, 24 Januari 2013

Selandia Baru Sambut Kelahiran Burung Kiwi Putih Langka

Selandia Baru dikenal sebagai habitat burung kiwi, dan belum lama ini, Pusat Penangkaran Margasatwa liar Nasional di sana mengumumkan kabar gembira dengan lahirnya seekor Burung Kiwi langka berwarna putih.
Burung Kiwi albino yang diberi nama Mauroira, menetas pada hari jum'at lalu, (23/12). Hewan ini menjadi yang kedua setelah sebelumnya Kiwi Albino pertama lahir di tempat penangkaran yang sama. Adapun keduanya dilahirkan dari induk yang sama yang diberi nama Manukura. 

"Memiliki anak burung putih kedua benar-benar menjadi berkah yang sangat menggembirakan, terutama di akhir tahun. Kami pikir Nata datang lebih awal saat Mei, ketika Manukara menetas, namun kini datang lagi untuk kedua kali," yhar Manajer pengelola pusat penangkaran Pukaha, Kathy Houkamaru.

Sementara itu Darren Page, seorang petugas lapangan yang bekerja di penangkaran mengatakan bahwa memiliki dua Burung Kiwi putih merupakan hal yang sangat langka. Selain itu kedua burung putih tersebut juga berasal dari ayah yang sama.

"Kedua burung putih itu memiliki ayah yang sama. Kami telah mengidentifikasi lewat transmiternya. Kami memang tidak bisa mengidentifikasi si induk, namun kami asumsikan induknya pun sama karena gen putih sangat langka di sini," kata Page seperti yang dikutip dari times-age, Kamis (28/12).

Nama Mauriora sendiri memiliki arti, yaitu 'kehidupan lestari'. Sementara nama Manukura memiliki arti 'pemilik status utama'. 
 
 
 
Sumber : http://www.memobee.com/index.php?do=c.news&idn=5274

Tidak ada komentar: