Rabu, 23 Januari 2013

Orang Tua Pintar di Bidang Eksak Cenderung Melahirkan Anak Autis


Memiliki otak jenius sepertinya memberikan konsekuensi tersendiri bagi para orang tua. Mereka yang memiliki kepintaran di atas rata-rata ternyata beresiko memiliki anak autis.

Sebuah penelitian di Cambridge University menemukan adanya hubungan yang cukup signifikan antara orang tua yang jenius, khususnya dalam bidang eksak, dengan autisme di kalangan anak.

Menurut Profesor Simon Baron Cohen, orang tua yang bekerja di bidang ilmu (seperti Insiyur, ilmuwan dan pakar komputer) pasti punya kecendrungan lebih tinggi untuk melahirkan anak Autis.

"Pasangan yang belajar dan bekerja di bindang sains, teknologi, insinyur dan matematik (STEM), serta bidang lain yang berhubungan dengan sistem, cenderung melahirkan anak autis dibandingkan dengan pasangan yang tidak memiliki kemampuan itu sama sekali," ujar Profesor Simon yang merupakan direktur Pusat Penelitian Autisme di Cambridge University.

Untuk memperkuat teorinya, Profesor Simon akan melakukan studi dengan merekrut para lulusan untuk mengetahui perkembangan anaknya bersama dengan jurusan yang dia ambil saat di universitas. Sample yang diambil dalam studi ini berasal dari para lulusan yang memiliki anak diatas usia 18 bulan atau lebih.

Di tahun 2001 silam, sebuah laporan studi menemukan bahwa mereka yang bekerja di bidang Matematika memiliki tingkat autisme lebih tinggi dibandingkan dengan profesi pekerjaan lainnya. Sebelumnya di tahun 1997, sebuah studi juga menemukan fakta bahwa anak dan cucu dari para insinyur cenderung lahir menjadi anak yang Autis.

Sumber : http://www.memobee.com/index.php?do=c.news&idn=4862

Tidak ada komentar: