Kamis, 24 Januari 2013

Ilmuwan Jepang Ciptakan Jok Anti Maling

 
http://www.memobee.com/images.php?param=q5iy71dG%2FKBrq%2F0Mj0IWtEIIXeNVIRqSl3i%2FpZ%2FABqsu1gKaqO61kqb2MHNKTUJ0L0stdjkhsQM51UoRBveByly3ao4bIWKoOxusvwhCJ%2BI%3D

Sama seperti halnya industri gadget dan pc, perkembangan teknologi di dunia otomotif juga berkembang cukup pesat. Jika sebelumnya teknologi lebih ditekankan pada keselamatan, navigasi, ramah lingkungan hingga mesin, kini faktor keamanan pun mulai meningkat. Tengok saja ke Jepang, saat ini mereka telah memiliki teknologi canggih yang bisa menjadikan mobil anti maling. 

Adalah sekelompok peneliti dari Advanced Institure of Industrial Technology di Tokyo, yang baru sama mempublikasikan teknologi jok anti maling tersebut.

Seperti yang dilansir oleh Nikkei dan dikutip Carbuzz, Senin (27/12), jon tersebut mampu mengaplikasikan kemampuan mengenali siapa pengemudi yang duduk di atas mereka.

Hal tersebut memungkinkan terjadi karena kursi canggih itu dibuat dari satu set 360 sensor yang mampu mengukur tekanan yang biasa terjadi ketika pengemudi yang biasa duduk. Setiap sensor mampu mengukur tekanan sendiri dan mengirimkan informasi ke laptop untuk kemudian dihitung sesuai dengan data yang relevan, seperti nilai tertinggi tekanan, area kontak pada kursi hingga berbagai faktor lainnya.


Terdiri dari 360 sensor yang bisa mengenali pemilik lewat berat badan, posisi duduk hingga berbagai faktor lainnya. 

Dengan hasil karya ini, para peneliti berharap jok tersebut bisa segera diaplikasikan ke mobil secara masal, setidaknya dalam waktu 2 hingga 3 tahun ke depan.

Akan tetapi, dibalik kecanggihannya, mungkin ada satu pertanyaan yang masih menjadi pikiran. Bagaimana bila sang pemilik tiba-tiba kehilangan berat badan karena diet atau tiba-tiba berat badan si pemilik naik drastis. Hmm..
 
 
 
Sumber : http://www.memobee.com/index.php?do=c.news&idn=5237

Tidak ada komentar: