Kamis, 24 Januari 2013

Hebat! Kaca Ini Bisa Simpan Data Selamanya

Kecil, tipis, bening, dan mampu menyimpan data untuk selamanya tanpa degradasi data sedikitpun, inilah media penyimpanan data terbaru yang ditawarkan oleh Hitachi untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan data di masa mendatang.


Berukuran 2cm2 dan dengan ketebalan cuma 2mm, siapa sangka jika irisan kaca kecil ini memiliki daya tahan yang superior? Benda ini mampu bertahan selama 2 jam pada panas 1000oC, tahan paparan berbagai macam bahan kimia, tidak terpengaruh dengan gelombang radio dan tahan air. Cukup ajaib bukan?

Irisan kaca ini dibangun dari lapisan kaca kuarsa yang dicetak dengan permukaan berbintik. Setiap titik merepresentasikan data biner dan dapat dibaca dengan menggunakan lensa mikroskop.

Untuk kapasitas, hard disk ini memang tidak dapat dibandingkan dengan kapasitas penyimpanan keping DVD apalagi Blu-ray. Dengan ukurannya yang sekarang, data yang dapat disimpan baru kurang lebih setara dengan kapasitas penyimpanan data pada CD biasa.


Meski canggih, kaca ini baru dapat menampung data sebesar CD biasa.

Tapi Hitachi bisa saja mengembangkan media yang sama dengan ukuran dimensi yang lebih besar. Lagipula, fitur utamanya bukan seberapa banyak data yang dapat kamu simpan, tapi untuk menjaga data film atau musik favoritmu tetap dalam kualitas sempurna* sepanjang jaman, tentu saja selama irisan kaca ini tidak kamu getok dengan palu atau dilempar ke lava gunung berapi.


Sumber : http://www.memobee.com/index.php?do=c.news&idn=7341 

Tidak ada komentar: