Kamis, 24 Januari 2013

Cuma 7,7 Milimeter, Ini Dia Kodok Terkecil di Dunia

Para ilmuwan kembali berhasil menemukan sebuah spesies baru dari keluarga kodok. Mereka menemukan spesies kodok terkecil di dunia.
Temuan tersebut didapatkan dari kawawsan hutan yang berada di barat daya Papua Nugini.

Dalam sebuah jurnal yang dipublikasikan hari Rabu dan dilansir oleh BBC, Kamis (12/01/2012), hewan amphibi tersebut memiliki panjang sekitar 7,7 milimeter, sehingga menjadikan tubuhnya tidak lebih besar dari seukuran koin logam.

Menurut ilmuwan, kodok yang diberi nama Paedophyrne amauensis itu hidup di balik tanaman daun basah di hutan tropis. Kodok tersebut biasanya akan keluar dari tempat persembunyiannya saat pagi dan senja untuk mencari makan.

Temuan kodok dari golongan Paedophyrne ini merupakan yang ketiga kalinya. Sebelumnya di negara yang sama, ilmuwan menemukan jenis kodok Paedophyrne deko dan Paedophyrne verrucosa. Namun kedua kerabatnya itu memiliki ukuran yang relatif lebih besar, yakni sekitar 8-9 milimeter.

Peneliti mengklaim bahwa temuan ini sebagai hal yang sangat menarik terkait kendala fungsional yang dihadapi dengan ukuran tubuh yang ekstrim, baik kecil maupun besar.

Adapun pemegang rekor sebelumnya dari hewan tidak bertulang belakang terkecil adalah ikan Paedocypris progenetica yang memiliki panjang sekitar 7,9 milimeter.
 
 
 
Sumber : http://www.memobee.com/index.php?do=c.news&idn=5470

Tidak ada komentar: